Headline NewsTourismTravel

Wonderful Indonesia Unjuk Gigi di Arabian Travel Market 2019 di Dubai, UEA

Wonderful Indonesia kembali unjuk gigi di event pariwisata dunia. Kali ini, Arabaian Travel Market (ATM) 2019  di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA),  yang dijadikan sebagai ajang mempromosikan berbagai destinasi halal yang ada di Indonesia.

ATM 2019 berlangsung 28 hingga 1 Mei 2019 di Dubai International Convention and Exhibition Center, Dubai. Di event ini, Indonesia menempati paviliun seluas 496 meter persegi.

Nusa Tenggara Barat  (NTB) menjadi salah satu destinasi halal yang dipromosikan di event ini. Dipilihnya NTB karena  menjadi destinasi wisata halal terbaik di dunia.

“NTB menjadi pilar utama wisata halal Indonesia. Destinasi ini selalu menjadi tujuan wisatawan muslim dunia. Semua aspek yang diatawarkan sangat memenuhi standar wisata halal,” kata kata Deputi Bidang Pengebangan Pemasaran II Kementerian Pariwisata Nia Niscaya, Minggu (28/4/2019).

Selain mempromosikan NTB, di perhelatan ATM Dubai juga ditampilkan antara lain pesona Raja Ampat, Danau Toba, Bali, Gunung Bromo.

Lebih lanjut Nia mengatakan promosi merupakan bagian dari strategi marketing yang harus dilakukan. Dalam hal ini, Kemenpar melakukannya dalam berbagai bentuk, antara lain publikasi di majalah, pembuatan banner, penempelan logo Wonderful Indonesia pada pintu masuk lokasi kegiatan, termasuk pada tiang-tiang gedung, dan lain-lain.

“Kita sebar Wonderful Indonesia di banyak tempat, agar tertanam di pikiran pengunjung dan menimbulkan rasa penasaran. Sehingga, akhirnya mereka mencari tahu dan mengunjungi Paviliun Indonesia,” ungkapnya.

Selain distribusi bahan promosi, rangkaian kegiatan ATM meliputi pameran, dan business meeting (B to B dan B to C) yang akan berlangsung selama 4 hari berturut-turut. Dengan komposisi 3 hari pertama trade show (sellers meet buyers) dan 1 hari terakhir consumer show.

Untuk memaksimalkan kegiatan tersebut, lanjut Nia, Kemenpar juga menyediakan counter informasi guna memperkenalkan pengembangan destinasi prioritas. Kemudian untuk menarik minat para pengunjung pameran sekaligus mempromosikan keragaman jenis kopi, herbal, dan batik nusantara, akan disediakan layanan kopi, mixiologist, dan body painting (batik henna) secara gratis.

Selain itu, Kemenpar juga akan menyebar display bahan-bahan promosi cetak dan film pariwisata. Termasuk di antaranya booklet welcome to Indonesia, booklet wisata halal, leaflet bahasa Arab, tourist map, pemberian goody bag, DVD (bahasa Inggris dan Arab), suvenir umum, suvenir ekslusif, serta kalender kegiatan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan , Indonesia selalu menampilkan konsep dan komposisi terbaik di perhelatan ATM Dubai.

“Pameran ini juga selalu menarik perhatian masyarakat di Timur Tengah. Kami optimistis bisa membukukan performa lebih baik di tahun ini,” kata Menpar.

ATM 2019 diikuti oleh lebih dari 3.285 eksibitor dari 141 negara dan diperkirakan mencapai lebih dari 120.000 pengunjung

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button