5 Destinasi Wisata di Sekitar Danau Toba, Cocok untuk Healing

0

Sumber Foto: Kemenparekraf

Terletak di Provinsi Sumatera Utara, Danau Toba menjadi salah satu Destinasi Super Prioritas (DSP). Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara. Tidak hanya itu, danau ini juga merupakan salah satu danau terbesar di dunia.

Danau Toba diperkirakan terbentuk dari letusan Gunung Toba yang terjadi sekitar 74.000 tahun yang lalu. Danau Toba memiliki luas lebih dari 1.145 kilometer persegi dan kedalaman 450 meter, sehingga Danau Toba lebih mirip seperti lautan daripada danau.

Di Danau Toba, ada banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah.

Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di sekitaran Danau Toba yang bisa kamu kunjungi.

Air Terjun Situmurun

Sumber Foto: medan.kompas/SHUTTERSTOCK/WIKA PAPUA

Air Terjun Situmurun berada di Desa Situmurun, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 70 meter dan mempunyai tujuh tingkat. Hal yang membuat air terjun ini menarik adalah airnya langsung mengalir ke Danau Toba.

Air Terjun Situmurun mempunyai nama lain yaitu Air Terjun Binangalom. Nama ini diambil dari bahasa Batak yaitu Binanga yang berarti Sungai dan Lum atau Lom yang berarti air penyejuk.

Bukit Holbung

Sumber Foto: instagram/bukitholbung/dibuyy

Bukit Holbung berada di Desa Holbung, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Bukit Holbung telah berusia 200 tahun dan juga terkenal dengan Bukit Teletubbies oleh masyarakat setempat.

Di bukit ini, kamu akan melihat indahnya Danau Toba dari ketinggian, para nelayan yang sedang mencari ikan, bahkan Pusuk Buhit, gunung api yang ada di Sumatera Utara.

Paropo

Sumber Foto: travellingindonesia

Paropo merupakan nama sebuah desa yang berada di tepi Danau Toba, atau tepatnya terletak di Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Di Paropo, kamu bisa menikmati suasana tepian Danau Toba sambil berkemah bersama teman-teman. Paropo memiliki ketinggian sekitar 1.000 mdpl, sehingga memiliki udara yang sejuk dan nyaman untuk bersantai.

Bukit Gibeon

Sumber Foto: disbudpar.sumutprov

Air Terjun Gibeon terletak di Desa Parsairan Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir. Bukit Gibeon mempunyai keunikan tersendiri, yakni terdapat gereja bernama Rumah Doa Segala Bangsa yang digunakan oleh umat Kristen, terdapat seminari yang menghadirkan pendidikan teologi bagi umat Kristen.

Selain itu, Bukit Gibeon juga mempunyai air terjun yang segar dan bersih. Air terjun ini akan langsung turun ke kolam pemandian.

Lembah Bakkara

Sumber Foto: radarbangkalan.jawapos/shutterstock/Ratri &ndash

Lembah Bakkara berada di Barat Daya Danau Toba atau berada di Desa Bakarra, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan. Lembah Bakkara diapit oleh dua bukit dan menjadi tanah kelahiran Sisingamangaraja.

Pada abad ke-16 hingga 20 (1515-1907), Bakkara pernah menjadi pusat pemerintahan Kerajaan Toba di bawah Dinasti Sisingamangaraja. Di Bakkara, terdapat situs sejarah maupun istana Raja Sisingamangaraja, makam dan markas Raja Sisingamangaraja XII, hingga makam 37 panglima Raja Sisingamangaraja XII.

Selain itu, di Bakkara juga terdapat berbagai air terjun, salah satunya Aek Sipangolu yang diyakini sebagai air suci dan dipercaya dapat menyembuhkan penyakit. Aek Sipangolu juga dikenal sebagai tempat pemandian peninggalan Sisingamangaraja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *