Headline News

Catat! Banyak Atraksi Agustus Mendatang di Pualu Nias

Demi berlomba-lomba mengembangkan destinasi wisata setiap daerah, pemerintah daerah harus bersama-sama mempromosikan pariwisatanya dan menjadi salah satu destinasi prioritas di Indonesia. ‘Nias Pesona Pulau Impian’ menjadi tagline pulau nias untuk mempromosikan pariwisata mereka.

Nias Pesona Pulau Impian tersebut sebagai komitmen dan langkah awal penguatan kerjasama 4 kabupaten dan 1 kota se-Nias (Nias incorporated) dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dalam mengembangkan sektor kepariwisataan di Pulau Nias, termasuk dukungan pelaksanaan even Pesta Ya’ahowu dan surfing internasional yang akan berlangsung di Kabupaten Nias Selatan dan Kota Gunung Sitoli pada 6-8 Agustus 2016 mendatang.

Acara peluncuran Nias Pesona Pulau Impian ini dihadiri oleh 5 bupati kota kabupaten Nias serta Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar, Esthy Reko Astuti. Berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jl Medan Merdeka Barat, Kamis (2/6/2016).

Nias memiliki potensi besar di sektor pariwisata berupa alam (nature), budaya (culture) dan buatan manusia (man made) antara lain lokasi surfing kelas dunia, panorama bahari yang menawarkan pantai berpasir putih, serta keunikan atraksi budaya lompat batu di Desa Bawomataluo, Kecamatan Fanayama, Nias Selatan.

Namun, semua potensi yang dimiliki ini belum dikembangkan secara maksimal terlihat dari jumlah kunjungan wisman dan wisnus ke Nias per tahun masih kurang dari 25.000 dan kontribusi sektor pariwisata terhadap PDB daerah kurang dari 5% dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari 4 kabupaten dan 1 kota hanya sekitar Rp 50 miliar.

Pemerintah Kabupaten dan Kota se-Pulau Nias telah menyiapkan sejumlah even pariwisata menarik di antaranya Pesta Pesta Yaahowu 2016 yang pembukaanya akan berlangsung di Kabupaten Nias Selatan pada 6 Agustus dan penutupan di Kota Gunung Sitoli pada 8 Agustus mendatang.

Even Pesta Ya’ahowu akan dimeriahkan dengan sejumlah atraksi budaya, lomba surfing dan pemeran kerajinan dan kuliner khas Nias antara lain; lomba surfing international di Pulau Tello, Nias Selatan, upacara adat Nias, atraksi budaya lokal Kepulauan Nias, atraksi tari perang, atraksi lompat batu, kuliner dan pameran kerajinan Kepulauan Nias, malam puncak penutupan festival budaya yang dimeriahkan oleh artis nasional dan local, dan pelepasan 1.000 lampion di udara.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button