DestinationHeadline NewsTourism

Dispar Banjarnegara Optimis Target Kunjungan 1,5 Juta Wisatawan Bakal Terlampaui

Kabupaten Banjarnegara , Jawa Tengah semakin optimis  target kedatangan wisatawan baik mancanegara ataupun nusantara ke Banjarnegara dapat tercapai. Untuk tahun ini, kabupaten yang terkenal dengan minuman dawet ayu ini memasang target 1,5 juta wisatawan yang datang ke Banjarnegara.

Keoptimisan ini muncul setelah Banjarnegara memiliki pengalaman manis dalam memasang target kunjungan wisatawan pada tahun 2016 lalu. Saat itu Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara memasang target 550 orang pengunjung,   kenyataannya  jumlah wisatawan yang datang ke Banjarnegara pada tahun 2016 melebihi target yakni  mencapai satu juta orang.

Ditahun ini diprediksi apa yang  terjadi di tahun 2016 akan terjadi juga  di tahun 2017. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara Dwi Suryanto mengatakan hingga Mei 2017, jumlah wisatawan yang berkunjung ke objek wisata yang dikelola Pemerintah Kabupaten Banjarnegara sudah mencapai 230.380 orang. Jumlah kunjungan wisatawan ini akan terus bergerak naik mengingat bakal ada cuti bersama yang kebanyakan orang digunakan untuk berlibur

“Pendapatan dari kunjungan wisatawan melalui penjualan tiket wisata hingga saat ini mencapai Rp 2,9 miliar. Itu baru di objek wisata Serulingmas dan Dieng, belum objek wisata yang dikelola swasta,” kata Dwi.

Sementara itu, untuk event tahunan, Pemkab menyiapkan Dieng Culture Festival (DCF) 2017 yang digelar pada 4 – 6 Agustus 2017 mendatang. Tahun ini juga digelar Festival Serayu yang menyuguhkan berbagai kesenian Banjarnegara, termasuk parade budaya, dan pesta parak iwak.

“Untuk tahun ini ada sejumlah penyempurnaan untuk pagelaran DCF yang sudah dimasukkan sebagai event nasional. Pembenahan-pembenahan dilakukan supaya kegiatan ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Banjarnegara,” ujar Dwi

Untuk DCF 2017, Menteri Pariwisata Arief Yahya pernah mengatakan bahwa event tersebut bakal mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan ke Jawa Tengah. Pasalnya event yang mengambil tema The Spirit of Culture ini akan secara total menampil pertunjukan yang memukau kepada para wisatawan. Sebut saja ada penampilan musisi jazz ternama.  Selain itu ada DCF juga akan mempertontonkan kegiatan yang tak kalah seru seperti Ritual Cukur Rambut Gembel, Akustik Atas Awan, Kirab Budaya, Parade Kesenian, Pesta Lampion, Ekspo UKM dan Purwaceng.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button