BusinessDestinationTourismTransportation

Garuda Indonesia Resmi Buka Rute Jakarta-Banyuwangi Mulai 8 September 2017

Aksesibilitas transportasi yang terbatas lantaran letak geografis Banyuwangi yang ‘nyempil‘ berada di ujung timur Pulau Jawa kini bukan lagi menjadi hambatan.

Mulai Jumat (8/9) mendatang, maskapai nasional Garuda Indonesia membuka rute penerbangan Jakarta-Banyuwangi secara langsung (direct flight). Dengan tambahan direct flight tersebut, terhitung ada enam kali penerbangan per hari menuju Banyuwangi.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyatakan, pembukaan rute tersebut akan memberi banyak pilihan untuk bepergian ke Banyuwangi. Selain itu, rute tersebut juga dinilai mampu ‘melipat jarak’ mobilitas daerah sekitar Banyuwangi, seperti Jember, Bondowoso, Situbondo, dan Bali Barat menuju Jakarta, jantung ekonomi Indonesia.

“Termasuk ada pasar wisatawan domestik terbesar juga. Jadi tambahan rute dari Garuda ini menjadi peluang bagi Banyuwangi dan sekitarnya untuk terus mengembangkan daerahnya,” papar bupati berusia 44 tahun ini dalam keterangan tertulis, Selasa (5/9).

Kepala Dinas Perhubungan, Kusiyadi, menambahkan, penerbangan Jakarta-Banyuwangi oleh Garuda akan menggunakan nomor penerbangan GA 264. Waktu berangkat pukul 14.10 WIB dari Bandara Soekarno-Hatta dan mendarat pukul 15.55 WIB di Bandara Blimbingsari, Banyuwangi.

Lalu pemberangkatan berikutnya dari Banyuwangi pukul 17.10 WIB dan tiba di Jakarta pada pukul 18.50 WIB. Rute ini dilayani Garuda Indonesia pada hari Senin, Selasa, Rabu, Jumat dan Sabtu.

“Tiketnya sudah bisa dipesan online, harganya mulai sekitar Rp 700.000,” paparnya.

Dengan tambahan rute tersebut, Banyuwangi kini didarati enam kali penerbangan tiap hari. Rute Jakarta-Banyuwangi dan sebaliknya ada tiga kali penerbangan per hari yang dilayani oleh maskapai Nam Air dan Garuda Indonesia. Selain itu, ada rute Surabaya-Banyuwangi sebanyak tiga kali sehari oleh Wings Air dan Garuda Indonesia.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button