PageantsTourism

Mengintip Program Kerja Putri EL JOHN Indonesia Dalam Promosikan Pariwisata

Bicara Pariwisata,  tentu harus memiliki program kerja  agar promosi  pariwisata dapat berjalan efektif,    baik di negeri sendiri  maupun    mancanegara. Program itu harus direncanakan dengan matang dan berkonsep. Hal inilah yang digunakan para Putri binaan Yayasan EL JOHN Indonesia untuk mengangkat pariwisata Indonesia di mata dunia.

Putri Pariwisata Indonesia  2016 Lois Merry Tangel misalnya, yang memiliki banyak program kerja di sektor pariwisata. Lois pun membeberkan program kerja yang pernah dijalankannya pada program EL JOHN Star  yang ditayangkan EL JOHN TV.

Program yang pernah dijalankan dara cantik asal Manado ini, adalah mempromosikan pariwisata Manado bersama komunitas yang bergerak di sektor pariwisata. Promosi yang dilakukan Lois bersama komunitasnya yakni dengan membuat video pariwisata.

“Program kerjanya aku lebih aktif ikut komunitas yang konsennya ke pariwisata itu  kita sudah banyak melakukan kegiatan dan  kita itu fokusnya untuk pembuatan video-video jadi untuk pariwisata kita bikin video perjalanan bagaimana how to get there, jadi kita lebih bagaimana kita mempromosikan satu objek wisata tetapi bukan hanya sekedar posting foto, ini objek wisatanya indah dan lain-lain, tetapi sama teman-teman komunitas ini kita lebih sempat membikin beberapa video perjalanan kita,” kata wanita kelahiran 3 Januari 1997 itu.

Menurut Lois, video pariwisata yang dibuatnya itu, bukan sekedar memperkenalkan destinasi, namun diceritakan bagaimana akses menuju destinasi tersebut. Lois menilai akses menjadi penting bagi sektor pariwisata, karena akses merupakan bagian yang paling diperhatikan wisatawan. Jika aksesnya sulit, maka wisatawan pun akan berpikir dua kali untuk menuju suatu destinasi.

“Kalau  kita kunjungi suatu objek wisata ini, kita harus lewat daerah yang  namanya ini, terus kita harus pakai mobil. Kita kalau pesen itu mobil itu berapa jam, kaya seperti itu sih. Kita tetap aktif ajak  teman-teman yang punya skill content creator lewat pembuatan foto dan lain-lain, kita ajak juga untuk gabung dengan komunitas kita,” ujar Lois.

Selain itu, Lois mengajak masyarakat untuk  memperkenalkan pariwisata secara berimbang dan objektif. Ajakan Lois ini bukan tanpa alasan, dirinya pernah saat masih menjalankan tugas sebagai seorang Putri, datang ke suatu daerah.

Sebelum datang ke daerah itu, Lois mencari tahu lewat medsos daerah yang akan didatanginya, ternyata yang ada di medsos, daerah itu sangat indah dan didukung dengan pelayanan yang prima. Namun saat menginjakan kakinya di daerah itu, Lois merasa kurang nyaman karena pelayanan penginapannya tidak seperti yang ada di medsos.

“Nah dari situ akirnya muncul kesadaran, muncul dari dalam kayanya sosialisasi harus disampaikan kepada pelaku-pelaku industri  sampai hal sedetil itu, mereka harus tau bagaimana cara menyambut tamu yang baik, bagaimana cara servis mereka sambil mereka bisa nyaman. Akhirnya setelah kejadian itu, aku malah mikir, jadi istilahnya input dan output yang kita lakukan lewat media sosial itu harus seimbang selain keindahan objek wisatanya

Selain Lois, ada nara sumber lain yang juga berbicara soal program kerja juga, yakni peraih gelar Putri Nusantara 2019 Puja Lestari. Wanita  cantik kelahiran Pekanbaru, 2 Desember 1998 ini, memiliki program kerja untuk memperkenalkan pariwisata  Provinsi Riau dan Kota Pekanbaru lebih dalam lagi. Puja ingin memiliki chanel youtube yang dapat memudahkan dirinya untuk mempromosikan detinasi wisata yang belum tersentuh baik yang ada di Riau maupun Pekanbaru.

“Jadi pengen punya chanel youtube yang untuk memperkenalkan atau meng-explore wisata yang mungkin belum tersentuh Pemerintah atau masih sedikit yang mengetahui. Jadi  seperti ada di daerah Kampar, di situ air terjun yang kanan kirinya lembah dan sering juga ternyata ada yang prewed di sana para pengantin dan rata-rata itu orang belum tau, padahal tidak begitu jauh dari Pekanbaru, cuma akses untuk ke sananya itu sangat sulit,”kata Puja.

Tak hanya itu, Puja juga punya mimpi untuk mengangkat Taman Wisata Alam Mayang, Riau. Tempat wisata yang satu ini sangat mumpuni dijadikan lokasi event pariwisata. Sebelumnya pernah ada konser musik di lokasi tersebut dan hasilnya menakjubkan, banyak pengunjung yang menyaksikan konser tersebut.

“Puja pernah berdiskusi sama teman-teman disini semua dan tokoh-tokoh penting juga tentang pengembangan Alam Mayang, karena di lokasi itu pernah bikin acara musik yang sukses, jadi Puja pengen acara lainnya digelar di situ, jadi Pekanbaru terkenal dengan  acaranya yang sukses dan maju,” ungkap Puja.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close