Headline NewsInvestment

Menkeu Berharap Makin Banyak Perusahaan Masuk BEI

Seusai acara penutupan perdagangan Bursa Efek Indonesia, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan bahwa prestasi indeks saham ini menggambarkan kinerja dari perusahaan yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI). Menurutnya, fundamental yang cukup dari perusahaan yang terdaftar di BEI dapat menjadi optimisme untuk memasuki tahun 2018.

“Dengan fundamental perusahaan ini bahkan perusahaan milik negara yang listed, mereka juga menunjukkan profitabilitas yang cukup solid dan itu dilihat oleh para investor,” ujarnya kepada awak media di BEI, Jumat, 29 Desember 2017.

Ia pun menjelaskan bahwa dengan neraca yang bagus, profitabilitas yang bagus dan kemampuan mencetak rekor saham, menunjukkan kapitalisasi perusahaan juga meningkat. Dengan peningkatan ini, Menkeu berharap perusahaan listed akan melakukan ekspansi sehingga pertumbuhan ekonomi bisa dipacu dengan investasi yang lebih baik. Selain itu berdampak kepada keseimbangan antara ekspor konsumsi dan investasi.

“Saya juga berharap sentimen positif ini akan terjaga terus dan menimbulkan confidence sehingga makin banyak perusahaan yang masuk listing di bursa,” ujarnya. Menkeu menegaskan ini adalah pesan yang sangat positif di akhir tahun dan pemerintah akan jaga terus momentum baik ini.

Perdagangan saham, Jumat 29 Desember 2017 resmi ditutup oleh Presiden Jokowi. Di penutupan ini, IHSG berhasil menguat pada 41,60 poin atau 0,66 persen ke posisi 6.355,65.Sementara itu untuk indeks sama LQ45 menguat 0,84 persen ke posisi 1.070,34. Sebagian besar indeks saham hasilnya cukup memuaskan atau mendapat acuan menghijau. Melihat hasil perdagangan saham ini, Jokowi memberi apresiasi kepada seluruh pelaku industri maupun otoritas pasar modal. Pasalnya pasar modal memberi kontribusi pada perekonomian nasional.

Jokowi mengatakan, sebelumnya tak sedikit prediksi yang buruk terhadap ekonomi Indonesia. Kendati demikian, pencapaian IHSG kali ini justru dinilai menunjukan hasil dan prestasi yang memuaskan.

“Kalau kita lihat 12 bulan terakhir tahun 2017 hampir semua risiko yang di awal tahun kita wanti-wanti akan meledak ternyata bisa kita lewati dengan baik semuanya,” ujarnya.

 

 

 

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button