CultureDestinationHeadline NewsTourism

Meriahkan HUT RI ke-72, Polair Polres Banyuwangi Gelar Parade Perahu Hias

Puluhan Perahu Wisata berhamburan di Selat Bali, Sabtu, 12 Agustus 2017. Perahu-perahu ini  merupakan peserta parade perahu wisata hias yang digelar Polair Polres Banyuwangi di Pantai Grand Watudodol, Banyuwangi, Jawa Timur. Kebanyakan peserta parade ini berasal dari nelayan di Banyuwangi.

Parade digelar dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-72. Jumlah pesertanya pun dibatasi  hanya 72 perahu sesuai dengan usia HUT Kemerdekaan RI.  Kegiatan yang baru pertama kali digelar ini berjalan sukses  dan mendapat antusias tinggi dari warga Banyuwangi.

Perahu yang ikut dihiasi  dengan ornamen warna merah putih. Ditambah lagi minimal di setiap perahu terpasang lima sang saka merah putih berkibar. Uniknya juga ada beberapa perahu dihiasi replika satwa laut seperti Kura-Kura, Penyu, ikan Paus, Lumba-lumba, dan lain-lain.. Mereka berjejer beriringan, didampingi kapal patroli milik Satpolair Polres Banyuwangi.

“Ada 72 perahu wisata yang ikut. Sesuai dengan usia kemerdekaan RI. Kita gelar berbagai kegiatan untuk para nelayan,” ujar AKP Subandi, Kasatpolair Polres Banyuwangi kepada sejumlah wartawan di Pantai Grand Watudodol, Banyuwangi,Sabtu 12 Agustus 2017.

Menurut Subandi, selain untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI, kegiatan ini dapat dijadikan upaya untuk  memupuk rasa nasionalisme nelayan Banyuwangi. Rasa nasionalisme sangat penting bagi nelayan, dalam menjaga perairan dari kerusakan lingkungan.

“Kita juga lakukan sosialisasi kepada nelayan agar tidak merusak dan mencemari laut. Tidak boleh menangkap ikan dengan bom atau potasium,” tambahnya.

Salah satu nelayan, Fauzi, mengaku senang dengan adanya kegiatan ini. Kegiatan perdana ini membuat dirinya semangat menghias perahunya dengan replika destinasi wisata Watudodol. Ini dilakukan agar perahu wisatanya bisa menang dalam parade perahu nelayan hias ini.

“Biar beda. Biar bisa menang dilomba ini. Kami harap kegiatan ini digelar setiap tahun,” tambahnya.

Dalam kegiatan itu juga digelar pengibaran bendera merah putih di tengah laut oleh 17 anggota Satpolair Polres Banyuwangi. Tak hanya itu, ratusan siswa pelayaran dari SMK Pelayaran Banyuwangi juga membentuk formasi huruf HUT RI 72 dengan membawa merah putih di pinggir pantai Grand Watudodol Banyuwangi.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button