BusinessDestinationEconomicHeadline NewsInvestment

PLN Bangun PLTMG Guna Dorong Investasi Pariwisata di Sumbawa

PT PLN (Persero) menaruh perhatian besar terhadap pariwisata di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. PLN menilai Sumbawa memiliki potensi pariwisata yang luar biasa, karena itu untuk mengembangkan pariwisata di Sumbawa dibutuhkan dukungan kelistrikan.

Terkait hal itu PLN kini tengah membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Sumbawa dengan kapasitas 50 Megawatt (MW).  Direktur PLN Bisnis Regional Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara, Djoko R. Abumanan berharap PLTMG Sumbawa ini dapat menarik investor.

“Harapannya, ini akan mengundang investor untuk bangun usaha di Sumbawa. Apalagi ada potensi pariwisata di sini,” kata Djoko di area PLTMG Sumbawa, NTB, Minggu 24 September 2017.

Menurut Djoko, Pembangkit ini dapat mengaliri listrik untuk industri pariwisata seperti hotel dan sejumlah kawasan wisata. Dengan demikian, industri pariwisata di Sumbawa akan bergairah dan juga dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Sumbawa maupun NTB.
Rasio elektrifikasi NTB hingga Juli 2017 mencapai 81,14 persen, sementara khusus di Pulau Sumbawa telah mencapai 85,3 persen. Dengan masuknya PLTMG Sumbawa diharapkan rasio elektrifikasi di NTB dapat meningkat ‎hingga di atas 95 persen pada 2019.

“Jadi, mau bangun hotel atau kawasan wisata tidak perlu takut. Masalah listrik, PLN siap memenuhi kebutuhannya,” ujar Djoko.

Munculnya investasi di Pulau Sumbawa ini, menurutnya, dinilai akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perekonomian daerah.

Tidak hanya PLTMG Sumbawa, PLN juga tengah melakukan beberapa pembangkit baru di Pulau Sumbawa, seperti PLTMG Bima dan PLTU Bima yan ditargetkan dapat beroperasi pada akhir 2018.

PLN juga sedang membangun jaringan interkoneksi Sumbawa Bima secara bertahap dan ditargetkan selesai pada 2018.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button