EconomicFood

Booth BPDPKS Jadi Daya Tarik Pengunjung TEI ke-37

Kehadiran Booth Badan Pengelolaan Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) di Trade Expo Indonesia  (TEI) ke-37 yang digelar di ICE BSD, Tangerang, Banten,  menjadi daya tarik tersendiri bagi  pengunjung TEI. Pengunjung yang datang silih berganti selama lima hari (19-23 Oktober 2022) penyelenggaraan TEI ini, menyempat waktunya untuk berkunjung ke Booth BPDPKS.

Para pengunjung yang hadir di Booth BPDPKS ini berasal dari berbagai daerah dan kepentingan mereka untuk menjajaki kerja sama untuk produk-produk turunan sawit yang dihasilkan BPDPKS. Seperti diketahui, segala produk turunan sawit terpajang di booth yang memiliki ukuran 9×6 meter ini, seperti Biodiesel ramah lingkungan berbahan baku 100 persen minyak sawit atau yang disebut B100.

Kemudian ada komoditas seperti beras beras dan singkong yang telah difortifikasi oleh minyak sawit murni, bahkan ada batik yang komponen bahannya dari sawit.

Salah satu pengunjung yang mengapresiasi produk-produk tersebut adalah Sukoco yang berasal dari Surabaya. Booth BPDPKS ini,  menjadi pilihan Sukoco,  karena ingin melihat  produk-produk turunan sawit yang dapat dipasarkan ke luar negeri.

Sukoco menilai produk yang ada di Booth BPDPKS,  merupakan produk-produk yang bermanfaat untuk kesehatan

“Luar biasa di sini saya temukan produk-produk baru ya, inovasi baru untuk kedepan tadi saya lihat ada beras yang dicampur dengan minyak sawit itu ada nilai tambah untuk nutrisi yang membuat kita lebih sehat itu luar biasa,” kata Sukoco saat diwawancarai tim El John Media di hari kedua pelaksanaan TEI, Jumat (21/10/2022).

“Saya pikir inovasi-inovasi semacam ini yang perlu digali dan paling dicari jadi bisa mempersiapkan untuk pangan,” tambah Sukoco.

Di booth BPDPKS ini, Sukoco juga mendapatkan penjelasan secara detik oleh petugas Booth tentang produk sawit dan turunannya,  dengan demikian Sukoco dapat memperoleh informasi yang lebih banyak untuk nanti dapat dikerjasamakan.

“Saya kan ekspor nanti saya tawarkan buyer di luar kalo misalkan cocok nanti akan pembahasan lebih lanjut,” ujar Sukoco.

Sukoco berharap BPDPKS tidak berhenti untuk melakukan inovasi dari sawit agar dapat menghasilkan produk baru yang bermanfaat bagi masyarakat “BPDPKS lebih inovatif lagi, lebih maju lagi dalam menggali produk-produk yang dapat dikembangkan,” harap Sukoco.

Selain Sukoco, pengunjung lain yang datang ke Booth BPDPKS adalah Raynaldi.  Ia sangat terkesan dengan produk yang dihadirkan BPDPKS, karena dapat menambah pengetahuan tentang sawit yang selama ini   hanya diketahui  sebatas minyak

“Kesan-kesan saya datang ke Booth BPDPKS ini yang pertama dapat menambah knowledge saya, terutama tentang manfaat sawit karena sampai saat ini saya hanya tau di minyaknya saja, ternyata banyak untuk kebutuhan sehari-hari bisa digunakan selain dari minyak, terus dari inovasi barunya misalkan biodiesel, baju dan ternyata kecantikan pun juga ada,” kata Raynaldi kepada tim liputan EL JOHN Media.

Setelah mendapat pengetahuan tentang manfaat sawit dan turunannya, Raynaldi akan memulai menggunakan produk berbahan sawit dalam kehidupan sehari-harinya, khususnya minyak sawit merah yang memiliki banyak kandungan vitamin

Produk yang paling utama sih, yang saya ketahui adalah minyak sawit merah ini bisa dijadikan pangan sehari-hari atau tambahan suplemen kita selain dari minyak goreng. Mungkin minyak merah ini, menjadi alternatif untuk konsumsi sehari-hari dan dicampur ke dalam makanan,” ujar Raynaldi

“Minyak sawit merah itu yang saya tau itu tinggi akan vitamin E sama vitamin A. Itu bisa dicampur ke makanan utama seperti nasi pokoknya bisa dikonsumsi karena sudah halal,” tambahnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button