THE Posisikan Untar Sebagai Kampus Top Dunia dan Masuk Dalam Edurank 2024

0

Untar sebagai salah satu universitas swasta terakreditasi Unggul oleh BAN PT, berhasil masuk dalam  daftar pemeringkatan kampus top dunia yang dikeluarkan Times Higher Education (THE). THE adalah  sebuah lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia yang menilai dan memberi peringkat  kepada 1.498 universitas dari 115 negara/kawasan atas kontribusi mereka yang luar biasa terhadap  Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals, SDGs) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Berdasarkan hasil pemeringkatan yang dirilis pada hari Rabu lalu (12/06/2024), Untar masuk dalam daftar  kampus top dunia tahun 2024 dalam empat kategori yaitu Top Universities for Sustainable  Industrialisation and Tech, Top Universities Fostering Global Partnerships, Top Universities  Promoting Societal Peace and Justice, dan Top Universities for Promoting Quality Education.

Penilaian berdasarkan kontribusi kampus-kampus terbaik dunia dalam memenuhi 17 poin SDGs tahun 2024. Sedangkan empat tujuan SDGs yang diraih Untar yaitu SDG 4 (Quality Education), SDG  9 (Industry, Innovation and Infrastructure), SDG 16 (Peace, Justice and Strong Institutions) dan SDG  17 (Partnerships for the Goals).

THE menempatkan Untar pada posisi 401-600 besar kampus terkemuka dunia dalam SDG 9 yaitu  Industri, Inovasi dan Infrastruktur, peringkat 601-800 untuk SDG 4 Pendidikan Berkualitas,  peringkat 601-800 SDG 16 Perdamaian, Keadilan dan Institusi yang Kuat serta peringkat 1501+ untuk  SDG 17 Kemitraan mencapai Sasaran.

Hasil ini membuktikan Untar bersama perguruan tinggi terbaik dunia lainnya tidak hanya menonjol  dalam bidang tertentu, tetapi juga unggul dalam berbagai SDG. Hal tersebut menunjukkan  komitmen Untar untuk mengatasi tantangan yang paling mendesak di dunia, seperti kelestarian  lingkungan, inklusi sosial, pertumbuhan ekonomi, dan kemitraan.

Raih Peringkat EduRank

Selain itu EduRank juga memberi peringkat kepada Untar sebagai kampus ke 63 terbaik di Indonesia  dan ke 5 terbaik di Jakarta. Pemeringkatan EduRank didasarkan pada hasil riset, keunggulan non[1]akademik, dan pengaruh alumni. Peringkat ditentukan dengan menganalisis 66,7 ribu sitasi yang  diterima melalui 47,1 ribu publikasi akademik yang berasal dari 562 universitas di Indonesia  termasuk 53 universitas dari Jakarta.

Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., IPU, ASEAN Eng. menyatakan tahun  ini Untar berhasil masuk ke peringkat internasional dengan hasil masuk dalam empat kategori SDGs.  Hasil ini merupakan capaian bersama yang telah ditorehkan dosen, mahasiswa, dan seluruh  pemangku kepentingan. Bagi Untar, ini adalah kali pertama ikut dalam pemeringkatan versi THE.

Ditambahkannya, Untar terus melakukan penjaminan mutu internal dan menghasilkan berbagai  capaian kinerja bermutu untuk mendukung reputasi Untar. Untar baru memulai untuk ikut dalam  pemeringkatan internasional sejak tahun 2019 mulai dengan rating dan ranking QS sejak tahun  2021.

“Kami mengucapkan terima kasih atas semua kolaborasi semua pemangku kepentingan dan semoga  ke depan Untar dapat memperoleh hasil pemeringkatan yang makin baik,” tegasnya.  Sebelumnya Untar telah menerima juga berhasil mendapatkan penilaian sebagai tiga besar  universitas swasta terbaik tahun 2023 dari The AppliedHE Private University Ranking: ASEAN+.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *