Headline News

Asita Jakarta Travel Mart 2019 Resmi Dibuka

Asita Jakarta Travel Mart (AJTM) 2019 resmi dibuka. Pameran yang mempertemukan pelaku usaha industri wisata ini, dibuka melalui acara Welcoming Dinner AJTM 219 di Museum Nasional, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa Malam (24/9/2019).

Acara ini, dihadiri antara lain, Ketua Umum Asita Nunung Rusmiati, Ketua Asita DKI Jakarta Hasiyanna S. Ashadi dan  Ketua Panitia AJTM 2019, Jongki Adiyasa serta para seller dari seluruh Indonesia. Tak ketinggalan perwakilan dari Kementerian Pariwisata dan Dinas Pariwisata DKI Jakarta juga ikut hadir di acara ini.

Tahun ini, AJTM 2019 mengangkat tema Get In Touch, Get Business Deals!”. Pameran dengan transaksi Business to business atau B to B ini, akan digelar selama tiga hari mulai Selasa (24/9/2019) hingga Kamis (26/9/2019)  di Harris Vertu Hotel Harmoni, Jakarta.

Pameran ini, akan mempertemukan lebih dari 120 seller dan 200 buyer . Untuk buyer tidak hanya berasal dari Indonesia, namun sejumlah negara ikut ambil bagian di event ini, seperti Malaysia, Brunei Darusallam, Vietnam dan masih banyak lagi.

Ketua Asita DKI Jakarta Hasiyanna S. Ashadi  berharap pameran ini, dapat menciptakan jaringan baru para biro perjalanan untuk memperkuat bisnisnya

“Asita Jakarta kan biro perjalanan, bisnisnya macam-macam. Bermacam-macam itu, maksudnya ada yang bergerak di bisnis ticketing, ada yang bergerak di bidang umroh-haji, ada di bidang inbound, outbound, domestik nah sekarang, kita pertemukan dengan relasi-relasinya untuk menghasilkan bisnis baru atau meningkatkan bisnisnya yang sudah ada, “ kata Hasiyanna saat diwawancarai tim liputan El John News, usai pembukaan.

Menurut Hasiyanna, untuk target bukan dilihat dari transaksi yang dihasilkan,namun lebih ke jumlah seller. “Sebenarnya kalau target itu, dilihat seberapa banyak seller yang mau hadir, karena kalau buyer, Jakarta itu,buying powernya kuat, jadi kita selalu dijanjikan buyer.Tapi sekarang seller, siapa seller yang mau datang ke sini. Nah kita itu dari tahun ke tahun sellernya naik,” ujar Hasiyanna.

Hal senada juga disampaikan Ketua Panitia AJTM 2019, Jongki Adiyasa. Jongki mengatakan hingga H-1, masih ada seller yang mendaftarkan diri mengikuti pameran ini. “Karena orang sudah mulai mengenal bahwa manfaat dari networking ini, sangat baik. Memang dari tahun ke tahun, mereka merasakan untuk satu hari itu sedikitnya mereka bisa berkenalan dengan 60 perusahaan,” kata Jongki di kesempatan yang sama.

Lebih lanjut, Yongki mengungkapkan bawa pameran ini juga untuk meyakinkan para wisatawan nusantara (wisnus) untuk memilih Indonesia sebagai destinasinya, meskipun tidak menutup kemungkinan ada paket wisata ke luar negeri yang ikut dijual.

“Bagaimana pun juga kita harus bekerja keras untuk mendatangkan wisatawan dan melakukan transaksi di dalam negeri. Kalo tidak begitu, pariwisata kita tidak menjadi tuan rumah di negara kita,” ungkap Jongki.

Sementara itu, Ketua Umum Asista Nunung Rusmiati mengapresiasi Asita Jakarta yang secara konsisten menggelar AJTM ini. Nunung menegaskan, kepengurusan pusat mendukung event-event yang dapat menumbuhkan sektor pariwisata.

“Event ini sangat bagus. Karena di sinila kita dapat mempromosikan Jakarta. Karena Jakarta itu semua fasilitas ada, bisa ke Mallnya,bia ke Museum, bisa juga ke Pulau. Kita saling men-suport antara DPD, karena kita semua sudah menjadi keluarga,” ujar Rusmiati.

Pada hari kedua atau Rabu (25/6/2019) para buyer dan seller akan melakukan transaksi bisnis yang dimulai dari pagi hingga sore. Sedangkan untuk hari Kamis (26/6/2019), akan diselenggarakan post tur ke destinasi unggulan di Jakarta dan Bogor.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button