EconomicTourismTravel

Inilah Tips Agar Anggaran Traveling Tidak Membengkak

Ingin traveling,  sudah pasti segala kebutuhannya harus dipersiapkan, mulai dari tiket pesawat, hotel hingga  sewa mobil. Namun bukan perkara mudah karena  harus membutuhkan uang yang tidak sedikit apalagi destinasi wisata yang diincarnya adalah destinasi yang sudah memiliki nama di dunia pariwisata. Belum lagi pengeluaran yang tidak ada dalam daftar bisa terjadi saat kita berlibur seperti bensin, tol, parkir, dan lain-lain.

Dilansir dari Independent Traveler untuk menghindari anggaran yang membengkak ketika liburan, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan.

  1. Melakukan riset tentang nilai tukar mata uang. Ketika berpergian ke luar negeri tentu saja Anda harus membayar dengan mata uang yang berlaku di negara tersebut. Di beberapa negara perubahan nilai mata uang bisa terjadi dalam waktu yang cepat dengan jumlah yang signifikan.
  2. Beberapa bank memiliki sistem yang dapat menutup akun seseorang ketika melakukan transaksi di luar negeri, itu terjadi dikarenakan banyaknya hacker yang melakukan carding. Bila Anda tak ingin itu terjadi, ada baiknya Anda memberi tahu pihak bank bahwa Anda akan melakukan liburan ke luar negeri.
  3. Jangan mengabaikan biaya bank dan ATM. Saat berpergian ke luar negeri, setiap kali Anda mendapatkan uang tunai dari mesin ATM mungkin Anda akan dikenakan biaya administrasi. Walaupun memang jumlahnya tidak terlalu besar, tetapi bila Anda sering melakukannya itu akan cukup menguras uang Anda. Jadi, Anda perlu merencanakan pengambilan uang di mesin ATM agar tidak terlalu sering menarik uang melalui ATM.
  4. Jangan mengubah rencana yang sudah Anda buat, agar biaya tak terduga dapat terhindarkan. Apalagi bila perubahan tersebut tidak dilakukan riset sebelumnya.
  5. Perhatikan tempat penyimpanan barang berharga Anda. Ketika berada jauh dari rumah dan Anda tidak mengenal dengan baik destinasi wisata  Anda, simpan dompet dan uang tunai yang Anda miliki di tempat yang benar-benar aman. Alokasikan di beberapa tempat penyimpanan. Sehingga ketika Anda mendapatkan musibah seperti pencurian Anda memiliki cadangan untuk mengurus segala sesuatunya.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button