Headline News

Jelang Imlek 2023, Ranto Sendu : Masyarakat Jangan “Panic Buying” Pemerintah Pastikan Bahan Pokok Tercukupi

Wakil Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Babel, Ranto Sendu, meminta pemerintah daerah melalui dinas terkait untuk memantau stok kebutuhan bahan pokok.

Selain ketersediaan bahan pokok, stabilitas harga komoditi juga harus terkendali menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili pada 22 Januari 2023.

“Saya minta pemerintah kabupaten dan kota turun kelapangan untuk memantau stok kebutuhan pokok masyarakat saat menjelang hingga puncak perayaan Tahun Baru Imlek,” ujarnya saat melakukan kunjungan kerja ke Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka, di Kota Sungailiat, Rabu (18/01/2022).

Kita ketahui, lanjut Ranto, kondisi cuaca ekstrem yang terjadi di sebagian perairan laut Indonesia terutama di jalur laut Bangka Belitung dikhawatirkan akan menghambat pasokan pangan.

Untuk itu, ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat harus tetap terjaga mulai dari tingkat distributor sampai ke pedagang.

“Mengingat pasokan pangan masyarakat Babel mayoritas di pasok dari luar pulau Bangka seperti Jawa, Palembang, Lampung dan dari sejumlah daerah lain. Dinas terkait jelang perayaan Imlek 2023 ini harus memastikan ketersediaan kebutuhan pokok, stabilitas harga komoditi masyarakat harus terkendali. jangan sampai dimanfaatkan oleh pihak spekulan menaikkan harga secara sepihak,” harapnya.

Ranto menghimbau masyarakat Babel jangan “panic buying”, pemerintah akan berupaya membantu  kebutuhan pokok masyarakat di pasar tercukupi.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button