BusinessEconomicHeadline NewsTransportation

Indonesia dan Lithuania Sepakat Jalin Kerjasama Energi dan Transportasi

Presiden RI Jokowi menerima kunjungan kenegaraan Presiden Republik Lithuania Dalia Grybauskaite di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 17 Mei 2017. Setelah mengikuti acara seremonial, Jokowi dan Dalia menggelar pembicaraan bilateral. Dalia melakukan kunjungan ke Indonesia selama dua hari, 17-18 Mei 2017.

Dalia datang dengan didampingi Menteri Energi, Wakil Menteri Pertanian dan empat delegasi bisnis yang bergerak di bidang energi. ‎

Dalam pertemuan ini, Indonesia dan Lithuania membahas peningkatan kerjasama dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi informasi.

‎Selain itu, kedua negara juga bersepakat bekerjasama dalam sektor perdagangan, investasi, pertanian, dan pariwisata.

Dalam kesempatan ini, kedua pemerintah menandatangani nota kesepahaman (MoU) yaitu energi terbarukan dan konservasi energi, serta surat minat (letter of Intent) kerjasama transportasi.

“Kita menggunakan momentum bersejarah ini untuk membahas peningkatan kerjasama bilateral kedua negara, yang tadi kita bahas dalam bilateral meeting, yang pertama kerjasama di bidang energi yang menyangkut energi biomassa, energi dari sampah dan juga gas,” jelas Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta,

Kerjasama pada sektor ini pun disepakati antara Menteri ESDM Ignasius Jonan dan perwakilan pemerintahan Lithuania. Sedangkan untuk  kerjasama sektor transportasi g ditandatangani oleh Menteri Perhubungan Budi Karya dan perwakilan pemerintahan Lithuania.

Belum diketahui berapa nilai yang disepakati dalam kerjasama ini. Diharapkan, kerjasama ini dapat memberikan keuntungan bagi kedua negara.

 

 

 

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button