Eco Tourism

Perayaan Waisak di Candi Borobudur Jadi Momen Kebangkitan Ekonomi

Perayaan Hari Raya Tri Suci Waisak 2567 BE/2023 yang dipusatkan di Candi Borobudur, menjadi momentum untuk membangkitkan ekonomi dan terbukanya peluang usaha para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

Perayaan ini sepenuhnya digelar terbuka di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah setelah tiga tahun sebelumnya terbatas karena pandemi Covid-19. Dengan adanya perayaan ini, dapat mendorong kebangkitan ekonomi.

“Paling tidak kita melihat, di sekitar Borobudur, Magelang ini semua geliat ekonomi ini terasa. Hotel-hotel penuh, homestay hingga balkondes juga laris terpesan. UMKM dan produk ekonomi kreatifnya juga laku terjual,” ucap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno seusai mengikuti rangkaian Hari Raya Tri Suci Waisak pada Minggu (4/5/2023).

Sandiaga juga mengucapkan selamat hari raya kepada seluruh umat Buddha di Indonesia. Ia berharap, momentum ini dapat menguatkan toleransi.

“Yang kita rasakan malam ini bisa semakin merajut tenun kebangsaan, persatuan dan kesatuan, serta kemakmuran bangsa,” kata Sandiaga.

Selain Sandiaga, juga turut hadir Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri BUMN Erick Thohir hingga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Pada pertemuan tersebut juga menyepakati beberapa hal dalam upaya pengembangan dan memanfaatkan Candi Borobudur sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

Kesepakatan tersebut yaitu heritage, spiritual atau Candi Borobudur sebagai tempat beribadah umat Buddha, dan mewujudkan Candi Borobudur sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia. Tentunya akan ada pengaturan zona-zona pemanfaatan karena Candi Borobudur adalah situs UNESCO.

“Candi Borobudur itu masuk dalam UNESCO dan yang harus kita pertahankan dalam konservasi, semangat berkelanjutan, dan wisata religi yang berkualitas sehingga targetnya bisa melebihi Angkor Wat dan candi-candi lainnya di dunia sehingga bisa magnet wisatawan mancanegara datang ke Indonesia,” jelas Sandiaga.

Dalam kesempatan ini, Sandiaga didampingi oleh Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf/Baparekraf, Dessy Ruhati. (Sumber: Kemenparekraf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button