Pageants

Raih Gelar Putra Digital Indonesia 2023, Mufid M Alfayid Manfaatkan Media Sosial untuk Bangun Kreativitas Konten

Putra Digital Indonesia 2023 Mufid M Alfayid saat ini sedang gencar membuat konten untuk mengedukasi masyarakat khususnya bagi yang tertarik tentang pariwisata dan traveling.

Sebelum menekuni profesi sebagai content creator, Mufid merupakan seseorang yang aktif dan senang mengikuti organisasi dari SMA sampai kuliah. Tidak berhenti sampai disitu, ia terus melangkah hingga sampai di titik menemukan passion di dunia content creator. Jalan yang ia lalui ini berkat dorongan dari teman-temannya.

“Organisasi ini emang sering jalan-jalan melakukan kunjungan ke daerah untuk kegiatan. Dari teman-teman aku ini yang membuat aku mulai untuk membuat konten karena mereka rata-rata bertanya saat aku jalan-jalan kegiatan organisasi kok tidak kelihatan. Dari situ aku mulai mencoba untuk pertama kalinya posting foto aesthetic, lalu mulai booming Tiktok. Aku coba buat video untuk Tiktok dan juga Instagram,” ucapnya.

Pada mulanya Mufid enggan fokus membuat konten jalan-jalan. Ia lebih memilih ingin membuat video random. Namun, seiring berjalannya waktu ia mengerti bahwa followers-nya lebih berminat menonton konten jalan-jalannya.

Sejak saat itu, ia mulai serius membuat konten jalan-jalan hingga pada tahun 2021 ia mendapat tawaran kerja sama dari sebuah produk. Hal itulah yang menjadi pecutan semangat untuknya terus konsisten membuat konten.

Selain itu, Putra binaan Yayasan EL John Indonesia ini juga aktif dalam kegiatan sosial sejak masih menempuh pendidikan hingga saat ini. Mufid menjalankan sebuah program bernama SINALA (Literasi Anak Pulau) yang berfokus kepada pengembangan sumber daya manusia, khususnya anak-anak yang berada di kepulauan.

“Dalam program ini aku mempunyai harapan untuk anak-anak pulau, khususnya di Kepulauan Seribu untuk lebih kreatif dan bisa memajukan sektor pariwisata di daerahnya melalui edukasi dari program SINALA ini. Seperti yang kita tahu Jakarta tidak hanya tentang kota Metropolitan, tetapi juga memiliki pulau, yaitu Kepulauan Seribu yang di mana menjadi pusat prioritas pariwisata di 10 Bali Baru dan Kepulauan Seribu sendiri banyak yang menyebutnya sebagai Maldives Van Java,” terangnya.

Mufid menjelaskan, ia dan teman seangkatannya di Putra Putri Pariwisata Nusantara 2023 juga memiliki agenda yang bertujuan untuk mendukung program pemerintah Indonesia, yaitu Kenali Nusantaramu. Program ini bertujuan untuk mengedukasi menggunakan platform digital untuk memberikan informasi terkait wisata apa saja yang ada di daerah mereka.

“Jadi Kenali Nusantaramu adalah sebuah program yang diinisasi oleh Putra Putri Pariwisata Nusantara 2023, tujuannya yaitu untuk mendukung program pemerintah yang kemarin dicanangkan yaitu Wisata Di Indonesia Aja supaya masyarakat tahu potensi pariwisata yang ada di daerahnya. Melalui platform ini, kami memberikan sebuah informasi terkait wisata yang sebenarnya ada di daerah tersebut dengan menggunakan teknologi digital yang di mana saat ini sangat mudah di akses dan itu menjadi salah satu bagian dari entitas untuk mendukung pariwisata di Indonesia,” jelasnya.

Sebagai Putra Digital Indonesia 2023, Mufid berharap bisa mengedukasi banyak orang lewat konten-konten yang ia buat di media sosial. Hal ini dikarenakan masih banyak potensi pariwisata di Indonesia yang belum banyak diketahui terutama Desa Wisata di Indonesia.

“Sebenarnya banyak sekali potensi di Indonesia khususnya pariwisata. Jadi kalau kita ngomongin soal wisata itu tidak lepas dari yang namanya Desa Wisata dan Desa Wisata itulah yang di mana banyak masyarakatnya menciptakan produk-produk kerajinan. Itu bisa menjadi poin plus jika kita datang ke suatu tempat, di mana kita bisa melihat apa saja yang dilakukan dan dihasilkan oleh masyarakatnya. Oleh sebab itu, gelar aku sebagai Putra Digital Indonesia ini adalah tugas aku dan kita semua untuk dapat mencintai produk-produk dalam negeri,” ucapnya.

Pengalamannya sebagai Putra Digital Indonesia 2023 membuat Mufid mempunyai tujuan yang kreatif dengan memanfaatkan teknologi digital yang semakin hari semakin berkembang dan tidak ada matinya.

“Pengalaman sebagai Putra Digital Indonesia 2023 pastinya seru banget dan aku mengucapkan terima kasih kepada Yayasan El John Indonesia yang telah melahirkan aku dan teman-teman lainnya membuka peluang untuk aku, sehingga bisa melihat betapa luas dan indahnya Indonesia,” katanya.

“Adapun salah satu tujuan aku yaitu literasi digital yang di mana bagaimana cara kita mengoptimalkan media sosial atau ranah digital untuk fungsi yang lebih baik, salah satunya dengan memberikan berita baik sebagai bentuk edukasi juga untuk memilih mana berita yang baik ataupun berita buruk karena seperti yang kita tahu banyaknya berita hoax yang beredar sekarang ini,” tambahnya.

Ada banyak berita bohong yang beredar di tengah masyarakat yang bisa menyebabkan kesalahpahaman. Maka dari itu, Mufid memberikan beberapa tips untuk lebih waspada terhadap berita bohong.

“Aku yakin banyak banget anak muda yang cuek tentang berita hoax, namun tips dari aku sendiri apapun yang kita lakukan semuanya dari awareness. Cara kita membangun awareness yaitu dengan melihat fakta-fakta yang ada. Oleh sebab itu, kita sebagai pemuda sama-sama untuk menangkal hoax dengan cara kita cek terlebih dahulu kebenarannya atau melalui situs untuk cek validasi dari berita tersebut, yaitu ketik Validasi Berita Hoax nanti disitu akan muncul link atau tautan yang bisa kita akses,” jelasnya.

Dengan gelarnya sebagai Putra Digital Indonesia 2023, Mufid juga ingin memberikan tips kepada banyak orang yang ingin mencoba menjadi seorang content creator atau Influencer, yaitu dengan membangun personal branding di media sosial. Seperti diketahui, media sosial memiliki pengaruh yang sangat pesat karena di era modern sekarang ini semua dipermudah dengan adanya media sosial.

“Sekarang sudah masuk ke dunia digital, dan media sosial menjadi salah satu bagian digitalisasi. Ketika kita tidak memanfaatkan media sosial, akan membuat kita ketinggalan. Seperti yang kita ketahui media sosial itu ada banyak manfaatnya, seperti saat kita melamar pekerjaan rata-rata akan dicek media sosialnya,” ujarnya.

“Maka dari itu pentingnya membangun personal branding di media sosial karena tidak mudah untuk membangun sebuah personal branding. Aku punya tips untuk teman-teman yang punya media sosial bahwa kalian bisa mulai dengan personal branding dengan cara kenali diri sendiri dan mulai berproses untuk melangkah ke depan dengan hal-hal positif karena apa yang kita upload di media sosial adalah cerminan dari diri kita. Jangan lupa konsisten,” tambahnya.

Penulis: Iqbal Adi Jaya

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button