Headline NewsTransportation

Pastikan Kesiapan Uji Coba, Menhub Tinjau Pembangunan Bandara IKN

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kembali melakukan pengecekan terhadap progres pembangunan Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN). Dalam kunjungan tersebut, Menhub menyatakan bahwa proyek pembangunan Bandara IKN telah berjalan sesuai rencana dan diharapkan dapat melakukan uji coba pada bulan Juli mendatang.

“Dari yang saya lihat, pembangunan Bandara IKN berjalan dengan baik. Pekerjaannya juga telah mengikuti arahan Presiden, yaitu tetap memperhatikan kelestarian alam sekitar. Saya berharap pembangunan Bandara IKN dapat terus sesuai jadwal, sehingga bisa diujicobakan pada bulan Juli nanti,” ungkap Menhub.

Menhub menjelaskan bahwa saat ini di lokasi pembangunan bandara sedang dilakukan berbagai pekerjaan lanjutan, termasuk cut & fill area peribadatan, pembangunan rumah dinas, perkantoran, gedung laboratorium, kantin, akses jalan perimeter barat, dan parkiran untuk VIP. Selain itu, sedang dilakukan penyelesaian Bored Pile Terminal VIP dan VVIP, serta pembukaan jalan akses utama dan pekerjaan land clearing di area embung.

Diketahui, Bandara IKN memiliki luas terminal sebesar 7.350 m2 dan luas area bandara mencapai 347 ha. Dengan runway sepanjang 3.000 meter dan lebar 45 meter, bandara ini mampu menampung pendaratan pesawat berukuran besar, seperti tipe Boeing 777-300ER dan Airbus A380.

Konsep desain Terminal Bandara IKN akan menggabungkan unsur kearifan lokal yang menonjolkan budaya Kalimantan namun tetap mempertahankan nuansa modern, serta berfokus pada keberlanjutan lingkungan.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Sekretaris Jenderal Kemenhub Novie Riyanto, dan Direktur Bandar Udara Ditjen Hubud Lukman. Kedatangan mereka semakin menegaskan komitmen pemerintah dalam menyukseskan pembangunan Bandara Ibu Kota Nusantara sebagai salah satu infrastruktur penting bagi kemajuan transportasi dan ekonomi Indonesia.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button