Headline NewsTransportation

Perubahan Iklim Yang Terjadi Belakangan Ini Membuat Pesawat Lebih Terguncang

Perubahan iklim yang belakangan ini semakin mengkhawatirkan belakangan ini membuat ilmuwan dari Universitas Reading Inggris melakukan penelitian untuk penerbangan pesawat. Para peneliti menyebutkan perubahan iklim diperkirakan akan menyebabkan tekanan atau temperatur udara (turbulensi) diperkirakan akan lebih sering terjadi.

Dilansir dari Travelers Today, hasilnya, diketahui bahwa atmosfer yang terpapar karbon monoksida dengan level tinggi akan membuat turbulensi ringan meningkat sebanyak 59 persen dan turbulensi berat meningkat sebanyak 75 persen.

Jadi, bersiaplah “terombang-ambing” di udara.

Akitvitas penerbangan juga dipengaruhi air laut yang menurut peneliti akan naik dan akan lebih sering terjadi badai. Aktivitas penerbangan yang terganggu akibat fenomena alam tersebut yakni mulai dari tertundanya jadwal, sampai yang paling parah yaitu kecelakaan di udara.

Para ilmuwan mengatakan kalau penelitian itu dilakukan bukan untuk membuat takut pelaku penerbangan, namun untuk memulai penelitian lanjutan dalam rangka pengembangan teknologi demi pencegahan hal tersebut.

“Kami akan melanjutkan penelitian terkait hal ini. Kami akan meneliti lebih rinci mengenai kondisi atmosfer suatu kawasan dengan pengaruh besarnya pesawat,” kata Dr. Paul Williams, salah satu ilmuwan.

Ilmuwan juga mengatakan kalau penelitian ini dibuat agar pilot dapat mempelajari cara menanggulangi turbulensi di kawasan yang dilalui, sehingga kenyamanan dan keselamatan penumpang pesawat dapat lebih terjamin

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button