Headline NewsPageantsSportsTourism

Miss Sport  Tourism Indonesia 2021 Dita Zulaika Siap Kembangkan Wisata Berbasis Olahraga di Indonesia

Dita Zulaika (Miss Sport  Tourism Indonesia 2021) menyatakan kesiapannya untuk  mengembangkan sport tourism di Indonesia. Wisata berbasis olahraga merupakan salah satu jenis wisata yang sangat populer,  apalagi alam di Indonesia sangat mendukung untuk digelarnya   event-event sport tourism.

Dara cantik kelahiran Kepulauan Bangka Belitung ini mengatakan untuk  mengembangkan sport tourism butuh kolaborasi antar pihak terkait, karena sport tourism konsepnya berbentuk event yang memadukan olahraga dengan pariwisata.  

Menurut Dita, kolaborasi yang kuat dipastikan akan menghasilkan suatu event sport tourism yang luar biasa dan dapat menjadi daya tarik bagi peserta maupun wisatawan,  baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Oleh karena itu Dita siap berkolaborasi demi kejayaan sport tourism tanah air.

“Tentu saja sangat siap dari mulai Dita terpilih  Dita sudah berkomitmen kepada Yayasan EL JOHN Indonesia selama satu tahun menjabat, Dita siap melakukan apapun kegiatan kepariwisataan  bersama dengan stakeholder pariwisata Indonesia dan dinas terkait , nantinya Dita akan bekerjasama dengan beberapa organisasi juga untuk bagaimana meningkatkan pariwisata melalui sport tourism,” kata mahasiswi Universitas Esa Unggul ini saat diwawancarai tim liputan EL JOHN News.

Dia yakin pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta  stakeholder  di sektor pariwisata maupun olahraga  juga memiliki tekad yang sama untuk pengembangkan sport tourism. Apalagi jenis wisata ini,  menjadi wisata yang paling terdampak pandemi Covid-19. 

Sejak Indonesia dilanda pandemi pada Maret 2020, event-event sport tourism yang ada di daerah terpaksa dihentikan, bahkan event yang sudah ada di depan mata pun harus dibatalkan untuk menghindari penyebaran virus Covid-19.

Kini, pemerintah sedang kembali membangkitkan sport tourism tanah air, seiring penanganan Covid-19 yang terus membaik. Meski demikian protokol kesehatan (prokes) tetap menjadi prioritas dalam membuat event-event sport tourism yang penyelenggaraannya masih dalam suasana pandemi.

“Prokes itu menjadi nomor satu ya, harus dijalankan dengan patuh. Karena sport tourism merupakan event yang mengundang banyak orang. Jangan sampai  event sport tourism yang digelar menjadi klaster baru. Kalau semua disiplin Dita yakin sport tourism di Indonesia berkembang pesat,” ujar Dita.

Bukan hanya kolaborasi, namun Dita juga siap mempromosikan event sport tourism di Indonesia termasuk destinasinya. Promosikan yang tepat menurut Dita melalui media sosial seperti Instagram. Media sosial merupakan platform digital yang  memiliki jangkauan luas, bukan hanya ke Indonesia namun hingga ke penjuru dunia.

“Kini semua manusia memiliki media sosial dan media sosial itu platformnya sangat besar bisa menjangkau seluruh manusia yang ada di dunia ini. Jadi cukup gampang dengan posting di Instagram menggunakan tagline dan hastag yang cocok untuk pariwisatanya itu sudah bisa mempromosikan pariwisata yang ada di daerah kalian dan di Indonesia,” ungkap Dita.

Dita mengaku telah memiliki konsep dalam membuat event sport tourism. Event  yang akan dibuatnya adalah event yang kental akan kearifan lokal dan penyelenggaraannya akan dilangsungkan di kampung halaman Dita di Kepulauan Bangka Belitung.

“Jadi aku sudah beberapa list nanti aku sharing dulu bersama Deddy Martinus Johnnie Sugiarto Ketua Umum Yayasan EL JOHN Indonesia, yang pertama aku mau buat beberapa event di Provinsi ku, Kepulauan Bangka Belitung, eventnya perlombaan permainan kuno yang ada di Babel. Aku bersama salah satu organisasi juga di sana, kami rencananya ingin membuat perlombaan tersebut,” tutur Dita.

Pada kesempatan ini, Dita mengucapkan banyak terima kasih kepada Ketua Umum  Yayasan EL JOHN Indonesia Martinus Johnnie Sugiarto yang telah mempercayakan Dita terpilih sebagai Miss Sport Tourism Indonesia. Kepercayaan ini akan dipegang dan diterapkan Dita dengan sebaik mungkin.

“Untuk Yayasan EL JOHN Indonesia terima kasih banyak sudah memberikan wadah yang luar biasa. Wadah yang tidak semua orang bisa berada di panggung EL JOHN Indonesia. Pencapaian yang begitu luar biasa untuk Dita sendiri yang dapat bergabung bersama Yayasan EL JOHN Indonesia, karena Dita sudah tau Yayasan EL JOHN Indonesia terutama Putri Pariwisata Indonesia pertama kali didirikan, Dita sudah ngefans sekali dengan Putri Pariwisata dan akhirnya memberanikan diri menjadi finalis dan akhirnya memenangkan top five Putri Pariwisata Indonesia 2021,” tutup Dita

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button